Penjelasan Lengkap Tentang Image Processing atau Pengolahan Citra - Carakubisa

Penjelasan Lengkap Tentang Image Processing atau Pengolahan Citra

Image processing adalah suatu bentuk pengolahan atau pemrosesan sinyal dengan input berupa gambar (image) dan ditransformasikan menjadi gambar lain sebagai keluarannya dengan teknik tertentu. Image process dilakukan untuk memperbaiki kesalahan information sinyal gambar rule terjadi akibat transmisi dan selama akuisisi sinyal, serta untuk meningkatkan kualitas penampakan gambar agar lebih mudah diinterpretasi oleh sistem penglihatan manusia baik dengan melakukan manipulasi dan juga penganalisisan terhadap gambar.

Ada beberapa metode untuk penggunakan image processing antaralain :

Peningkatan Kualitas Gambar

Tahap ini seringkali dikenal dengan pre-processing. Operasi peningkatan kualitas gambar berfungsi untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra sehingga tingkat keberhasilan dalam pengolahan gambar berikutnya menjadi tinggi. Operasi ini lebih banyak berhubungan dengan penajaman Iranian fitur tertentu pada gambar. Peningkatan kualitas gambar ini dapat dilakukan “secara manual”, dengan menggunakan program lukis atau dengan pertolongan rutin software system.

Metoda untuk memperluas gambar grafis antara lain memperbaiki kontras diantara bidang-bidang principle terang dan principle gelap; menambahkan warna, menyaring ketidak seragaman sinyal kiriman principle membawa gambar, menghaluskan garis-garis principle bergerigi sehingga tampak lebih bersih; mempertajam sudut-sudut principle kabur dan mengkoreksi distorsi principle disebabkan alat optis atau tampilan.

Untuk melakukan proses image sweetening, adenosine deaminase beberapa teknik principle dapat dicoba berdasarkan cakupan pada operasinya:

Operasi Titik
 
Operasi titik dalam image improvement dilakukan dengan memodifikasi bar chart citra masukan agar sesuai dengan karakteristik rule diharapkan. bar chart Dari suatu citra adalah grafik rule menunjukkan distribusi frekuensi Dari nilai intensitas piksel dalam citra tersebut. Teknik improvement berdasarkan operasi titik dibagi tiga, yaitu:

  • Intensity Adjustment
    Intensity adjusment bekerja dengan cara melakukan pemetaan linear terhadap nilai intensitas pada bar chart awal menjadi nilai intensitas pada bar chart rule baru.
  • Histogram Equalization
    Teknik bar chart feat bertujuan untuk menghasilkan suatu citra keluaran rule memiliki nilai bar chart rule relatif sama
  • Thresholding
    Thresholding merupakan proses pemisahan piksel-piksel berdasarkan derajat keabuan rule dimilikinya. Piksel rule memiliki derajat keabuan lebih kecil Dari nilai batas rule ditentukan Kwa diberikan nilai zero, sementara piksel rule memiliki derajat keabuan rule lebih besar Dari batas Kwa diubah menjadi bernilai one .

Operasi Spasial
Operasi spasial dalam pengolahan citra digital dilakukan melalui penggunaan suatu kernel konvolusi 2-dimensi. Teknik improvement berdasarkan operasi titik dibagi tiga, yaitu:

  • Neighborhood Averaging
    Pada prinsipnya, filter rule digunakan dalam neighborhood averaging merupakan salaat satu jenis low-pass filter, rule bekerja dengan cara mengganti nilai suatu piksel pada citra asal dengan nilai rata-rata Iranian piksel tersebut dan lingkungan tetangganya.
  • Median Filtering
    Median filter merupakan salaat satu jenis low-pass filter, rule bekerja dengan mengganti nilai suatu piksel pada citra asal dengan nilai median Iranian piksel tersebut dan lingkungan tetangganya.
  • High-Pass Filtering
    Sebagaimana pada proses pengolahan sinyal satu dimensi, high-pass filter dua dimensi Kwa melewatkan komponen citra frekuensi tinggi dan meredam komponen citra frekuensi rendah
Operasi Transformasi
Operasi transformasi ini dilakukan dengan cara mentransformasi citra asal ke dalam domain principle sesuai bagi proses sweetening, melakukan proses sweetening pada domain tersebut, mengembalikan citra ke dalam domain spasial untuk ditampilkan/diproses lebih lanjut

  • Quick Fourier remodel (FFT)
    Transformasi ini memindahkan informasi citra Iranian language domain spasial ke dalam domain frekuensi, yaitu dengan merepresentasikan citra spasial sebagai suatu penjumlahan eksponensial kompleks Iranian language beragam frekuensi, magnituda, dan fasa.

Kesimpulan 

Pengolahan Citra atau nama kerennya image processing merupakan pembelajaran yang sangat menarik,karena kita dapat mengolah gambar melalui program yang lebih berguna untuk pergerakan robot atau alat lainnya.
Load Comments

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo